Pelaksanaan Kelas Ibu Balita di Desa Pengarang

Bertempat di Balai Desa Pengarang 19 April 2024 telah dilaksanakan Kelas Ibu Balita oleh Petugas Kesehatan dari puskesmas Jambesari. Dihadiri juga oleh Kepala Puskesmas Jambesari, drg. Noeri Rustianti yang secara langsung memberikan penyuluhan kesehatan gigi terutama materi kesehatan gigi pada balita. Selain penyuluhan tentang kesehatan gigi, terdapat materi kesehatan lain seperti materi gizi, dan tumbuh kembang bayi - balita.

Kelas Ibu Balita adalah Kelas Para Ibu yang mempunyai anak berusia antara 0 sampai 5 tahun secara bersama-sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya. Tumbuh Kembang Anak Balita adalah  bertambahnya ukuran fisik, seperti berat dan tinggi badan. Kembang ialah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh menjadi lebih kompleks, seperti kemampuan bayi bertambah dari berguling menjadi duduk, berdiri, dan berjalan. Bagi Keluarga dan Balita kelas ini merupakan sarana untuk mendapatkan teman, bertanya dan memperoleh informasi penting diantaranya informasi tentang ASI Eksklusif, Imunisasi, pemberian MP-ASI dan Gizi seimbang kepada balita, perawatan gigi, mencuci tangan yang benar, penyakit yang sering dialami balita serta pencegahannya dan memantau pertumbuhan balita. Bagi petugas kesehatan kelas Ibu Balita merupakan media untuk mengetahui kesehatan balita Ibu Balita, anak dan keluarganya serta menjalin hubungan yang lebih erat antar ibu balita.

Kegiatan ini bersumber dari anggaran dana BOK Puskesmas Jambesari Tahun 2024. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama yang memiliki bayi dan balita agar dapat meningkatkan pengetahuan demi mencapai derajat kesehatan yang optimal. 

Share Berita Ini