MONITORING AKSI BERGIZI PUSKESMAS JAMBESARI

Generasi muda adalah aset bangsa yang strategis, ditangan mereka masa depan bangsa dan negara. Membentuk generasi muda yang kuat ideologinya, memegang agamanya, visioner, sehat jiwa dan fisiknya merupakan kewajiban setiap komponen bangsa saat ini. Memperhatikan hal tersebut Kementrian Kesehatan menggulirkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk membentuk generasi muda sehat dan beperilaku sehat. Untuk mendukung Gerakan Nasional Aksi Bergisi, Puskesmas Jambesari terus melakukan pembinaan terhadap sekolah-sekolah di wilayahnya agar terus melaksanakan kegiatan-kegiatan aksi bergizi. 

Pada tanggal 25 Juli 2024 Puskesmas Jambesari mendapatkan tamu dari Seksi KGM Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso untuk melakukan monitoring dan evaluasi Aksi Bergizi di sekolah binaan Puskesmas Jambesari. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memantau sejauh mana pelaksanaan program aksi bergizi si tingkat SMP dan SMA sederajat di wilayah kerja puskesmas. Sekolah yang dikunjungi pada hari tersebut adalah sekolah SMPN 1 Jambesari dan SMK Al Furqon yang sudah melakukan kegiatan-kegiatan aksi bergizi di sekolah.

Adapun rangkain kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah untuk mendukung program aksi bergizi adalah sarapan bersama, senam sehat/ aktifitas fisik secara rutin, minum tablet tambah darah, serta penyuluhan kesehatan di tingkat sekolah. Dari hasil monev ada bebarapa hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan seperti menyeragamkan hari sarapan dan konsumsi TTD bersama, jika bisa dapat memasukkan pendidikan gizi kedalam kurikulum, melakukan pembinaan kepada penjaga kantin terkait komponen gizi kantin sehat, Semoga dengan adanya monev ini sebagai media mendiskusikan segala kendala dan solusi yang hadir bisa diterapkan dan meningkatkan cakupan Trias UKS pada Sekolah/Madrasah Sehat.

 

Share Berita Ini