MONEV ASMAN TOGA DARI DINKES BONDOWOSO

Semakin berkembangnya teknologi pengobatan modern yang maju, Kesehatan Tradisional dapat memberikan alternatif bagi masyarakat dalam pemeliharaan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan.
Masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara Mandiri dengan memanfaatkan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Teknik Akupresure, yang pada umumnya disebut dengan Gerakan Asuhan Mandiri TOGA dan Akupresure.
Tingginya angka stunting, angka penderita hipertensi dan DM menjadi salah satu dasar dibentuknya kelompok Asman Toga di Puskesmas Jambesari. Pada tahun ini di Puskesmas Jambesari sudah terbentuk 5 kelompok Asman Toga yg tersebar di 5 desa, yakni :
1. Kel Asman Toga Bougenville di desa Pcg Anom
2. Kel Asman Toga Gahari Bundar di desa Sbr Anyar
3. Kel Asman Toga Anggrek di desa Grujugan Lor
4. Kel Asman toga mawar di desa tegal pasir
5. Kel asman toga melati di desa jambesari
PJ kestrad bekerja sm dengan fasilitator Kestrad, promkes, petugas wilayah dan lintas sektor dlam melakukan pembinaan. Pembinaan di lakukan 1-2x dalam 1 tahun dan 1x Monitoring evaluasi oleh Bidang Yankestrad Dinkes Kab bondowoso.
Gerakan Asman TOGA dan akupresure ini diharapkan dapat mengubah paradigma dari pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif.

Share Berita Ini